Anjuran Mengajarkan akhlak pada Anak

Nov 2 • Anak & Remaja • 412 Views • No Comments on Anjuran Mengajarkan akhlak pada Anak

Oleh : Syaikh DR. Abdullah Nashih ‘Ulwan

<Disalin dari buku pendidikan anak dalam islam >

 

Diriwayatkan oleh Abu Daud At-Tirmidzi dan selain mereka berdua dari hadits Abu Hurairah ia berkata bahwa Rasulullah bersabda:

Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya

Dikeluarkan oleh Muhammad Bin Nashr … (bahwa): “ada seorang laki-laki yang datang menghadap Rasulullah kemudian bertanya: “wahai Rasulullah Apakah ad din itu? beliau menjawab berakhlak yang baik. Kemudian laki-laki itu menghampirinya nabi dari arah kanannya dan bertanya lagi wahai Rasulullah Apakah Ad din itu? beliau menjawab berakhlak yang baik. kemudian laki-laki itu menghampiri nabi dari arah kiri nya lalu bertanya lagi wahai Rasulullah Apakah ad din itu? beliau menjawab berakhlak yang baik? kemudian laki-laki itu menghampiri nabi dari arah belakangnya dan bertanya lagi wahai Rasulullah apakah din itu? beliau menoleh kepadanya lalu bersabda “Apakah engkau ini tidak mengerti  ( Ad din) itu adalah engkau tidak marah”.

 inilah garis-garis besar dari teladan yang diberikan oleh Rasulullah tentang sopan santun, etika pekerti dan pergaulan, yang baik beserta akhlak. Maka hendaknya para orangtua menerapkan dan melaksanakan pada diri mereka masing-masing agar dapat memberikan teladan yang baik dan contoh yang dia terhadap anak dan keluarga yang menjadi tanggung jawabnya. Kemudian menuntun anak-anak melaksanakan etika (pekerti )dan sopan santun ini. sehingga mereka bisa memaafkan orang yang mendzolimi nya. menyambung hubungan orang yang telah memutuskannya, memberi kepada orang yang menahan pemberiannya, dan berbuat baik terhadap orang yang menyakitinya. Dengan demikian ia menjadi harapan umat manusia dan bagaikan malaikat yang berjalan diatas bumi semua itu hanya dengan melaksanakan firman Allah:

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَاَعْرِضْ عَنِ الْجٰهِلِيْنَ

Artinya: jadilah engkau pemaaf dan perintahkanlah orang mengerjakan yang Ma’ruf serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh (QS. Al ‘Araf (7)199 )

Dalam ayat lain disebutkan:

وَلَا تَسْتَوِى الْحَسَنَةُ وَ لَا السَّيِّئَةُ ۗ اِدْفَعْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُ فَاِذَا الَّذِيْ بَيْنَكَ وَبَيْنَهٗ عَدَاوَةٌ كَاَنَّهٗ وَلِيٌّ حَمِيْمٌ

Artinya : Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan tolaklah kejahatan itu dengan cara yang baik, mangkat tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat Setia (QS. Fushilat [41]34)

dalam  ayat lain:

وَالْكٰظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya : “Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan kesalahan orang Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”(QS.  Ali Imran [3] 134)

Wahai orang tua dan para pendidik anda telah mengetahui betapa besar perhatian Rasulullah terhadap masalah pendidikan moral anak-anak kalian. Anda telah mengetahui bahwa akhlak merupakan buah keimanan yang mendalam dalam meluruskan kebengkokan anak-anak. Anda telah membaca tentang gambaran-gambaran yang buruk yang harus dijauhi anak. Semua ini telah anda ketahui sehingga tidak ada cara lain yang harus dilaksanakan kecuali bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab terhadap Siapa yang berhak menerima pendidikan, pengajara,n dan pengawasan. ketahuilah jika anda lalai dari memberikan hak-hak putri kalian dari segala akhlak, maka mereka akan melakukan penyimpangan dan berakhlak jelek, kemudian mereka akan menjadi ancaman keamanan dan ketentraman ditengah masyarakatm. bahkan banyak masyarakatnya akan lari meminta bantuan karena mereka mendapati perlakuan jahat, keborosan moral, dan sosial darinya. oleh karena itulah hendaknya anda senantiasa mengingat Allah dalam mendidik anak laksanakanlah kewajiban Anda, Serahkan semua kekuatan anda dan melaksanakan tanggung jawab yang dibebankan kepada anda. Manakala kewajiban tersebut terlaksana dengan baik maka anda akan melihat anak-anak anda menjadi bunga yang wangi didalam rumah. Bulan purnama yang bersinar terang ditengah masyarakat dan seperti malaikat yang berjalan di muka bumi dengan tenang Dalam Al-Quran disebutkan:

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ….

Artinya : Dan katakanlah Bekerjalah kamu maka Allah dan rasulnya serta orang-orang Mukmin akan melihat pekerjaanmu itu… (QS.At-Taubah [9] 105)

 

Baca Juga:

Kerusakan Moral dan Penyimpangan Perilaku Anak

Generasi Pembuka Roma

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »