awal dakwah nabi

Apakah Islam Agama Bangsa Arab? (2)

Feb 15 • Uncategorized • 1545 Views • No Comments on Apakah Islam Agama Bangsa Arab? (2)

…..(Lanjutan dari http://rumahtarbiyah.com/apakah-islam-agama-bangsa-arab-1/ )

……..  Dengan bahasa Arab, umat Islam diseluruh dunia tidak perlu bingung ke masjid manapun di atas bumi ini mereka pergi karena bahasa Al-Quran adalah bahasa Arab sebagai bahasa pengantar universal beribadah. Sebaliknya umat kristiani tidak memiliki bahasa persatuan sehingga pasti akan bingung jika ke gereja, mana gereja yang kebaktiannya sesuai dengan bahasanya. Ini bukan persoalan kecil karena salah satu faktor ikatan dalam sebuah komunitas berasal dari bahasa.

Seluruh ayat dalam Al-Quran menyeru kepada umat manusia yang menunjukkan bahwa agama ini memang untuk seluruh bangsa hingga akhir zaman. Bandingkan dengan ayat-ayat Injil yang sebenarnya ditujukan hanya untuk Bani Israel. “…Jawab Yesus, aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel….(Injil Matius 15:22-25). Hal tersebut menunjukkan bahwa Yesus (Isa as) nabi bangsa Yahudi melakukan apa yang diajarkannya dalam hidupnya, ia tidak pernah mengajak orang yang bukan Yahudi. Dan di dalam memilih pilihannya (12 muridnya) ia meyakinkan bahwa mereka termasuk sukunya sehingga ramalan lainnya terpenuhi. “… apabila anak manusia bersemayam di tahta kemuliaanNya, kamu yang telah mengikuti aku akan duduk juga di atas 12 tahta untuk menghakimi ke 12 suku Israel……” (Injil Matius 19:28). Yohanes pun menjelaskan bahwa dirinya membaptis Yesus agar Yesus dinyatakan untuk orang Israel (Yohanes 1:31). Dalam ayat lain “Hai ‘bani Israel’ aku adalah Yesus dari Nazaret seorang ‘manusia’ yang telah ditentukan Tuhan di antaramu” (Kisah Para Rasul 2:22). Paulus juga berkata “…Allah telah membangkitkan juruselamat ‘bagi orang Israel’, yaitu Yesus” (Kisah Para Rasul 13:23). Dalam Lukas 1:32-33 juga disebutkan bahwa Yesus akan dikaruniahi tahta Daud dan akan menjadi Raja atas keturunan Yakub sampai selama-lamanya. Kita ketahui bahwa Nabi Daud adalah nabi dari kaum Bani Israel yang artinya bahwa Yesus akan memperoleh tahta dan kekuasaan atas orang-orang Israel. Demikian pula keturunan Yakub juga adalah kaum Bani Israel. Masih banyak ayat-ayat Alkitab yang menjelaskan akan hal ini seperti dalam Matius 27:11, Lukas 2:25 dan sebagainya.

Dengan demikian sekalipun Nabi Muhammad berasal dari Arab dan menggunakan bahasa Arab, agama Islam tetap menjadi agama yang universal dan dapat diterima oleh seluruh bangsa. Logikanya adalah, bagaimanapun jika nabi diangkat dari golongan manusia maka ia akan berasal dari salah satu bangsa atau suku di dunia ini, karena nabi bukanlah malaikat. Sebaliknya kita akan bertanya bagaimana jika ”Tuhan” yang memiliki suku bangsa, apakah ini sesuatu yang aneh atau lucu?, sebab Tuhan tentu harus menguasai segala mahluknya karena ia bukan ciptaan. Umat kristiani renungkanlah ayat berikut :  Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apa pun tentang imam-imam.” (Ibrani 7:14). Apakah Tuhan juga memiliki suku bangsa ?

Agama kristen sebenarnya adalah agama lokal dan temporal yang hanya diperuntukkan bagi kaum Bani Israel. Adapun penerimaan masyarakat dunia terhadap agama ini adalah karena konsep pengampunan dosa yang ditawarkannya melalui darah Yesus yang merupakan kreasi Paulus dalam misinya yang diadopsi dari konsep agama pagan di Romawi. Olehnya itu umat manusia yang gemar berbuat dosa lebih cenderung memilih agama ini, agar mereka lebih leluasa melakukan perbuatan tercela dengan jaminan dosa mereka diampuni dengan cukup hanya percaya pada konsep penyaliban. Maka perkembangan agama ini sangat pesat di wilayah-wilayah dimana masyarakatnya kurang memiliki norma-norma susila seperti di Eropa dan Amerika.

Saftani Muhammad Ridwan, MA.

(Ketua Arimatea Sulsel & Anggota Dep. Dakwah Wahdah Islamiyah Pusat)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »