Apakah tarbiyah itu?

Dec 28 • Tarbiyah • 536 Views • No Comments on Apakah tarbiyah itu?

Tarbiyah adalah kata yang tidak asing lagi, khususnya kita umat islam. berikut ini adalah penjelasn tentang tarbiyah :

Defenisi tarbiyah

Tarbiyah dalam bahasa Arab paling tidak dari tiga suku kata yaitu tanmiyatun, tansyiatun, dan ishlahun adapun  maknanya adalah :
Tanmiyatun yang berarti penumbuhan, pengembangan, dan pembangunan, sehingga sasarannya adalah menumbuhkan, mengembangkan, dan membangun manusia.
Tansyiatun yang yang berarti peningkatan, pendidikan, penumbuhan, dan pengembangan.
Ishlahun yang berarti perbaikan. Jadi Tarbiyah diharapkan mampu melakukan perbaikan dari pribadi yang kurang baik menjadi baik, pribadi yang baik dikembangkan dan dibangun. Dengan demikian Tarbiyah diibaratkan seperti sebuah pabrik untuk mengolah manusia.
Sedangkan menurut Ar Raghib Al Asfahany beliau mengatakan : “Tarbiyah adalah menumbuhkembangkan sesuatu setahap demi setahap hingga mencapai kesempurnaan”.
Al Baydhowy mendefinisikan Tarbiyah sebagai “sesuatu yang dapat mengantarkan sesuatu hingga mencapai kesempurnaan setahap demi setahap”
Adapun secara terminologis makna Tarbiyah adalah:
Seperangkat program yang lengkap yang dibangun di atas prinsip-prinsip Islam, bertujuan untuk membentuk Pribadi muslim yang ideal”
bagaimana ? sangat jelas bukan definisi tarbiyah? dengan mengetahui definisi tarbiyah, anda (sebagai pembina/Muballigh/Murabbi) dapat menentukan kemana tujuan tarbiyah yang akan dijalankan dan tentunya kita juga tahu mau diapakan orang-orang yang kita tarbiyah tersebut.
Mengapa Tarbiyah penting?
Ditengah carut marutnya keadaan umat Islam saat ini dengan kondisi keimanan yang lemah, kurangnya ilmu ad-din pada umat ini, ditambah lagi dengan kurangnya orang yang mau mendakwahkan islam secara baik dan benar , sehingga kekuatan dakwah Islam semakin melemah. Maka program tarbiyah menjadi solusi untuk saat ini yang digunakan untuk mengembalikan keadaan umat seperti keadaan umat Islam dizaman Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan para sahabatnya. Kita mungkin sering membaca sirah Rasulullah dan sirah para sahabat yang membuat kita berdecak kagum bahkan terharu ketika membacanya, mereka bisa menjadi pribadi-pribadi muslim yang luar biasa dan memanfaatkan potensi yang mereka miliki dibanding yang lainnya. Hal itu semua disebabkan karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membina mereka dengan tarbiyah yang berlandaskan pada satu konsep yaitu konsep pembinaan Allah Shubhana wa ta’ ala yaitu  Al Quran.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »