Atsar sahabat dalam Bersedekah

Apr 26 • Ibadah • 44 Views • No Comments on Atsar sahabat dalam Bersedekah

Berikut ini atsar dari Tabiin ketika mereka bersedekah

(ditranskip dari ceramah ustad Dr. Rahmat Abd. Rahman)

 [1] Abi Thalib berkata : “ Janganlah kamu malu dengan pemberian (sedekah) yang sedikit. Karena orang kikir itu lebih sedikit lagi”.

[2] Ibnu Abbas rhadiallhuanhu Menyampaikn dari Hasan bin Ali. Bahwa Hasan Bin Ali telah bersumpah sebanyak 3x untuk membagi hartanya, sampai harta yang beliau miliki tertinggal sepatu dan sandalnya, kemudian Ia pun membagi sepatunya hingga yang tersisa sendalnya saja untuk disimpan.

3 . Hasan bin Ali rhadiallhuanhu Pernah bersedekah untuk satu orang sebanyak 100.000 dirham.

 

4 . Nafi’ berkata: “Abdullah bin Umar bertemu dengan seorang penggembala kambing diluar kota makkah. Dan beliau kemudian berkata : “juallah kambingmu kepada saya, seekor kambing saja”, pengembala itu kemudian berkata : “ini bukan milikku,” lalu Ibnu Umar Menyahut:  “Mudah saja, katakan saja kepada pemiliknya bahwa satu ekor telah diterkam serigala” lalu pengembala menjawab:” Allah dimana?”

Kemudian ibnu umar menemui tuan dari pengembala tersebut.

Ibnu umar berkata: “Penuhi kepada saya disini apabila kamu pulang dari makkah dan minta kepada budakmu untuk memenuhi saya dsini”. Dan ketika Ibnu Umar pulang ke Makkah.  maka dia menemui (kembali) pemilik kambing dan membeli semua kambingnya..serta membeli juga penggembalanya tadi, kemudian beliau merdekakannya.  Lalu beliau berikan semua kambing yang dibelinya tadi kepada penggembala tersebut.

 

5 . Dari Nafi’ bahwasanya Ibnu Umar sering berbagi dalam satu majelis sebanyak 30.000 dirham. Padahal beliau pernah melalui waktu dalam sebulan dan tidak makan daging. Nafi’ ditanya bahwa  “apakah pernah beliau daam sebulan makan daging terus?”  Beliau berkata: “iya, jikalau beliau puasa atau sedang musafir, makanan utamanya adalah daging”

 

Demikilanlah Sekelumit kisah para sahabat dan tabiin dalam bersedekah. Mungkin dari kisah diatas dapat kita jadikan sebagai inspirasi. Para pendahulu dari ummat ini (salaf) terkenal dengan semangat mereka dalam bernuat kebajikan. Tentu nya masih banyak kisah-kisah lainnya.

(dari catatan akh Jumaris )

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »