awal dakwah nabi

Awal Dakwah Nabi Di Rumah Al-Arqam

Nov 23 • Muamalah • 34609 Views • No Comments on Awal Dakwah Nabi Di Rumah Al-Arqam

oleh : Ustadz Marzuki Umar, Lc حفظه الله

( Mahasiswa S2 jurusan Sejarah Islam di Universitas Islam Madinah )

Pembinaan di Rumah Al-Arqam

٢١ – عقد النبي – صلى الله عليه وسلم – اجتماعات سرية بالمسلمين في دار الأرقم ليعلمهم شرائع الإسلام.

Rasulullah ﷺ mengadakan pertemuan secara sembunyi-sembunyi dengan sahabat-sahabatnya di rumah al-Arqam untuk mengajarkan pada mereka tentang agama Islam.

(Sirah Nabawiyah dari kitab “al-Khullaashoh al-Bahiyyah fiy Tartiibi Ahdaats as-Sirah an-Nabawiyyah”)

Pelajaran:

  1. Saat jumlah pemeluk agama Islam semakin banyak dan pentingnya untuk menetapkan satu tempat sebagai markaz untuk menimba ilmu dari Rasulullah ﷺ, sementara Beliau belum bisa berkumpul dengan mereka secara terang-terangan, maka ditetapkanlah rumah al-Arqam bin Abil Arqam al-Makhzumi sebagai markaz dakwah tersebut .
  1. Dipusatkannya dakwah di rumah al-Arqam (sebagai Awal dakwah Nabi) dilatarbelakangi oleh konfrontasi antara orang Quraisy dengan sahabat-sahabat Rasulullah. Ibnu Ishaq menyebutkan bahwa para sahabat awalnya berkumpul di lembah-lembah, suatu ketika orang Quraisy melihat mereka dan langsung mencaci serta menyerang mereka. saat itu sahabat Rasulullah Sa’ad bin Abi Waqqash berhasil mempertahankan diri dan melukai salah seorang dari orang Quraisy tsb. Jika bentrokan fisik sperti ini terus terjadi maka akan mengancam eksistensi kaum Muslimin sendiri.
  2. Rasulullah menjadikan rumah al-Arqam sebagai pusat dakwah pada tahun ke-5 setelah kenabian. Rumah tsb terletak di bukit Shafa, dan pintu bagian belakangnya bisa dimasuki tanpa dilihat oleh orang lain. ( Lihat siroh Ibnu Hisyam )
  3. Sebab dipilihnya rumah al-Arqam sebagai awal dakwah nabi adalah:
  • Karena al-Arqam adalah shahabat yang keislamannya belum diketahaui oleh orang Quraisy.
  • Al-Arqam dari Bani Makhzum, yang merupakan suku yang paling memusuhi bani Hasyim (marga Rasulullah). Sehingga tidak terlintas di benak orang Quraisy bahwa rumahnya akan di jadikan sebagai pusat dakwah.
  • Al-Arqam memeluk Islam pada usia muda, yaitu enam belas tahun, sehingga tidak terbetik dalam benak orang Quraisy menjadikan tempat remaja tsb sebagai pusat dakwah.

5.Nama asli dari al-Arqam radhiyallohu anhu adalah ‘Abdu Manaf Bin Asad bin ‘Abdillah bin Umar bin Makhzum, dengan nama kuniyah Abu ‘Abdillah. (lihat al-Ishobah)

6.Pentingnya sebuah komunitas dan hubungan yang berkesinambungan antara sesama kaum Muslimin, terutama apabila kita berada pada suatu masyarakat yang asing dan tidak mengindahkan aturan Islam.

7.Perlunya tarbiyah (pembinaan) Islam secara intensif, yang di dalamnya bukan sekedar penyampaian kalimat2 lalu selesai. Lebih dari itu, ia berisi pengarahan2 serta pelibatan binaan dalam perjuangan menegakkan agama yang mulia ini.

8.Kerja dakwah Rasulullah ﷺ , adalah kerja dakwah yang penuh kedisiplinan, teratur nan terukur, sampai ia memiliki ‘kantor’ pusat dakwah.

demikianlah pembahasan awal dakwah Nabi di Rumah Al-Arqam

Wallahu Ta’ala A’lam.


Materi sebelumnya bisa dibaca di: http://marzukiumar.com

Grup WA Belajar Islam Intensif

Gabung Grup BII

Ketik BII#Nama#Pr/Lk#Daerah

Kirim ke:

+62811-394-0090

Like Fanpage Belajar Islam Intensif

Follow Instagram belajar.islam.intensif

www.belajarislamintensif.com

▶ https://telegram.me/belajarislamintensif

 

Baca Juga >>

Kisah 3 Orang Pemuda dalam Goa

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »