Dorongan Syahwat

Dorongan Syahwat dan Solusinya

Nov 1 • Anak & Remaja • 846 Views • 1 Comment on Dorongan Syahwat dan Solusinya

Oleh : Ustadz Askaryaman, S.Pd., M.Pd.

(Praktisi Anak dan Remaja)

Begitu banyak pemuda hari ini mengeluhkan tentang syahwatnya yang bergejolak. Pemuda diciptakan Allah dan diberikan dorongan syahwat yang sewaktu-waktu dapat bangkit ketika ada pemicunya. Dan begitu banyak faktor pemicu yang dapat membuat syahwat bergejolak. Diantara pemicu utamanya adalah:

  1. Kaum wanita yang bersolek serta membuka aurat,
  2. Tersebarnya fitnah majalah-majalah cabul,
  3. Gambar dan video po*no di internet baik melalui sosial media, dll.

Keluhan pemuda semakin menjadi-jadi disebabkan karena kemauan untuk menikah. Dimana nikah sebagai sarana untuk menyalurkan hasrat biologis secara sah, Yang diridhoi dan bernilai ibadah. Namun keinginan tersebut terkadang harus tertahan oleh keinginan orang tua untuk menuntaskan kuliah. Ditambah lagi uang untuk menikah yang cukup tinggi serta tantangan adat dilingkungan masyarakat. Juga belum adanya pekerjaan tetap dalam menopang kebutuhan rumah tangga.

Semua itu menjadi penyebab mengapa para pemuda menjadi galau. Sehingga membuat mereka bertanya dan mencari cara untuk mengekang hawa nafsu. Tujuannya tak lain, agar tidak terjerumus pada lembah yang sangat hina yakni zina yang berkubang maksiat.

Sebenarnya 1400 tahun yang lampau Rasulullah telah memberikan resep yang manjur kepada para pemuda yang belum mampu menikah. Yakni cara untuk mengekang hawa nafsu yang bergejolak itu.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits Ibnu Mas’ud yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Nabi Bersabda :

 يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ، مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

“Wahai para pemuda, barang siapa diantara kalian telah mampu menikah maka menikahlah. Karena dengan menikah akan lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Namun bagi siapa yang belum mampu menikah, hendaklah ia berpuasa, karena hal itu akan dapat meredakan nafsunya” [HR. Bukhari (5065) dan Muslim (1400)]

Wahai para pemuda, itulah persembahan dan tuntunan Rasulullah untuk kalian dalam mengekang nafsu yang bergejolak. Hendaknya engkau meminta pertolongan kepada Allah, dan melaksanakan puasa untuk meredam gejolak syahwatmu. Karena hanya dengan puasa yang dapat memadamkan dan memupus syahwat.

Wahai kawula muda, sungguh metode pengobatan Nabi telah terbukti dan obat yang sangat mujarab. Puasa merupakan obat yang sangat ampuh untuk mengobati kalian (wahai kawula muda). Ya,  puasa untuk mengobati dari syahwat yang bergejolak. Sungguh hanya dengan berpuasa, cukuplah bagimu obat atas penyakitmu, sehingga engkau tidak lagi membutuhkan obat-obat yang lain selainnya. Mudah-mudahan setiap kita segera menikah dan dorongan syahwat pun diberikan solusi.

Semoga Bermanfaat

>Baca Juga: 

Pemuda yang Dijanjikan Surga

Related Posts

One Response to Dorongan Syahwat dan Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »