Gambaran Tentang Surga

Aug 1 • Aqidah • 126 Views • No Comments on Gambaran Tentang Surga

Dalam Al Qur’an Allah Shubhana wa ta’ala memberikan gambaran tentang surga, sebagai motivasi bagi hamba-hamba-Nya. Gambaran surga ada yang disebutkan  secara umum ada juga yang secara terperinci.

Secara umum

Dalam hadits Qudsi Rasulullah Shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa Allah telah berfirman:

“Aku telah menyiapkan bagi hamba-Ku yang saleh sesuatu yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga dan tidak pernah terbayang dalam hati Manusia” [HR. Bukhari & Muslim]

Gambaran Secara Rinci

Berikut ini beberapa keterangan tentang surga yang Allah ceritakan dalam Al-Quran:

 

[1] Makanan dan minuman penghuni surga

Diantara makanan Ahli Surga adalah buah-buahan dan daging. Adapun minuman mereka adalah arak (di surga arak jadi halal), susu,  dan madu. Allah berfirman:

يَطُوفُ عَلَيۡہِمۡ وِلۡدَٲنٌ۬ مُّخَلَّدُونَ (١٧) بِأَكۡوَابٍ۬ وَأَبَارِيقَ وَكَأۡسٍ۬ مِّن مَّعِينٍ۬ (١٨) لَّا يُصَدَّعُونَ عَنۡہَا وَلَا يُنزِفُونَ (١٩) وَفَـٰكِهَةٍ۬ مِّمَّا يَتَخَيَّرُونَ (٢٠) وَلَحۡمِ طَيۡرٍ۬ مِّمَّا يَشۡتَہُونَ (٢١)

 

Artinya :

“ Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, dengan membawa gelas, cerek dan sloki arak berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk, dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan”

[Q.S Al waqiah (56) : 17-21]

 

Dalam ayat lainnya :

وَفَـٰكِهَةٍ۬ كَثِيرَةٍ۬ (٣٢) لَّا مَقۡطُوعَةٍ۬ وَلَا مَمۡنُوعَةٍ۬ (٣٣)

 

“Dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya”

[Q.S Al waqiah (56) : 32-33]

 

Dan dalam surah Muhammad:

مَّثَلُ ٱلۡجَنَّةِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلۡمُتَّقُونَ‌ۖ فِيہَآ أَنۡہَـٰرٌ۬ مِّن مَّآءٍ غَيۡرِ ءَاسِنٍ۬ وَأَنۡہَـٰرٌ۬ مِّن لَّبَنٍ۬ لَّمۡ يَتَغَيَّرۡ طَعۡمُهُ ۥ وَأَنۡہَـٰرٌ۬ مِّنۡ خَمۡرٍ۬ لَّذَّةٍ۬ لِّلشَّـٰرِبِينَ وَأَنۡہَـٰرٌ۬ مِّنۡ عَسَلٍ۬ مُّصَفًّ۬ى‌ۖ وَلَهُمۡ فِيہَا مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٲتِ وَمَغۡفِرَةٌ۬ مِّن رَّبِّہِمۡ‌ۖ ….

 

Artinya : “(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka…”

(Q.S. Muhammad []: 15)

 

[2] Perkakas (peralatan) dalam surga

Perkakas dan alat-alat dalam surga terbuat dari emas dan perak, kain-kain nya dari sutra yang indah dan mahal, semuanya dari bahan yang paling banyak digandrungi oleh manusia. Allah berfirman: مُتَّكِـِٔينَ عَلَىٰ فُرُشِۭ بَطَآٮِٕنُہَا مِنۡ إِسۡتَبۡرَقٍ۬‌ۚ وَجَنَى ٱلۡجَنَّتَيۡنِ دَانٍ۬

 

“Mereka bersandar diatas permadani yang terbuat dari sutera. Dan buah-buahan di kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat.” (QS. Arrahman [55]: 54), 

 

“Mereka berada di atas dipan yang bertahta emas dan permata. seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan” (QS. Al waqiah [56] :15-16 )

 

“Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih” (QS. Al Insan (76) : 21)

 

 

[3]Ucapan-ucapan penghuni surga

Didalam surga tidak terdengar ucapan-ucapan kotor, caci maki, dan hinaan. Sebaliknya surga dipenuhi dengan ucapan-ucapan manis nan ramah Bahkan mereka saling mengucapkan salam, Allah berfirman:

 

“Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan. Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa, akan tetapi mereka mendengar ucapan salam.” (QS. Al Waqiah : 24-26)

 

[4] Kecantikan Bidadari

Diantara kenikmatan yang Allah berikan kepada penghuni surga dialah bidadari-bidadari adalah wanita yang sangat cantik berkulit putih bagaikan susu bermata jelita bagaikan permata usia mereka sangat mudah dan tidak akan pernah tua dan mereka adalah gadis gadis perawan yang tidak pernah disentuh oleh jin maupun manusia Allah berfirman

“Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin.  Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

(QS. Ar Rahman [55]: 56-57)

 

“Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah.” (QS. Ar Rahman[55]: 70-72)

Demikain pula dalam surah Al waqiah ayat 35-37.

key: bentuk surga bentuk surga bentuk surga

[Lih. Serial Dasar-dasar Islam hal 121-122 oleh Indonesia Community Care Center]

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »