Generasi Terbaik dan Generasi Terburuk

Oct 28 • Tarbiyah • 1084 Views • No Comments on Generasi Terbaik dan Generasi Terburuk

Oleh : Ustadz Askaryaman, S.Pd., M.Pd.

(Praktisi Anak dan Remaja)

Islam adalah agama sempurna, yang bersifat menyeluruh. Islam bukan hanya ibadah tetapi islam juga berbicara tentang generasi. Generasi terbaik dan generasi terburuk adalah dua buah perbandingan. Generasi yang baik sangat diharapkan oleh ummat agar ummat tersebut maju. Generasi terbaik merupakan generasi pelanjut dan pengganti. Sebaliknya, generasi yang buruk adalah ancaman bagi ummat itu sendiri.

Untuk mengetahui siapakah generasi pelanjut dan generasi yang buruk, dapat kita lihat lengkap dengan ciri-cirinya berdasarkan Firman Allah dalam Al-Qur’an.

Generasi pengganti yang terbaik :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لائِمٍ ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. 5:54)

Berdasarkan ayat diatas ciri mereka adalah :

  1. Allah mencintai mereka, karena mereka senantiasa taat kepada Allah, senantiasa bertaubat dan senantiasa bersabar.
  2. Mereka mencintai Allah,
  3. Bersikap lemah lembut kepada orang mukmin, senantiasa menjaga ukhuwah dan silaturahim
  4. Keras terhadap orang kafir, (dalam artian) tidak kompromi dengan sifat dan sikap kekafiran.
  5. Berjihad (berjuang) dijalan Allah
  6. Tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela.

Generasi pengganti yang buruk :

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan” (QS. 19 :59)

Ciri mereka adalah :

  1. Selalu menyia-nyiakan sholat
  2. Memperturutkan hawa nafsu

Inilah indikasi generasi pengganti terbaik dan generasi pengganti terjelek. Sekarang kembali kepada kita melihat diri kita, anak-anak kita, para remaja dan pemuda disekitar kita. Dimanakah mereka berada antara kedua generasi tersebut? Silahkan deteksi sendiri dan lihatlah ciri-ciri mereka. Apabila ciri mereka berada pada Generasi yang terbaik, maka bersyukurlah. Sebab  bukan hanya arah hidup mereka yang tepat. Tetapi mereka juga akan menjadi generasi pelanjut bangsa ini. Dan memakmurkannya dengan kebaikan dan akan menjadi penyambung pahala bagi orang tuanya walaupun telah meninggal.

Akan tetapi jika mereka berada pada generasi yang buruk Maka disinilah peran kita sebagai orang tua, sebagai pendidik dan sebagai pemimpin diseluruh lini. Untuk membimbing mereka kejalan yang benar. Membina mereka agar keluar dari keterkungkungan hawa nafsu dan mengarahkan mereka agar mengetahui arah yang benar dalam hidup.

Janganlah menghardik mereka, atau menzolimi mereka dengan kata-kata kasar dan keji. Sebab itu hanya menyebabkan mereka lari dan menjauh dari kebaikan. Usaha mungkin akan sangat keras kita lakukan, tetapi itu semua untuk kebaikan generasi ini.

Marilah kita memperbaiki diri dan generasi kita. Sekecil apapun usaha untuk memperbaiki diri dan generasi pelanjut, akan sangat bermakna bagi kebaikan. Jauhkan diri kita dari sikap cuek atau masa bodoh terhadap generasi. Sebab mereka sangat butuh kasih sayang dan arahan kita.

Inilah zaman dimana Allah telah menakdirkan kita hidup didalamnya. Janganlah mengutuk zaman dengan pernak perniknya, tapi jadikan ia sebagai peluang amal untuk kita bawa menghadap Allah.

>> Baca Juga : 

Hikmah Penciptaan Jin, Iblis, & Setan

Islam Wasathiyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »