Hidupkan Shalat Malam

Jul 27 • Ibadah • 340 Views • No Comments on Hidupkan Shalat Malam

Oleh: Ustadz Ayyub Soebandi, Lc

(Dosen STIBA Makassar)

 

Shalat malam pada bulan Ramadhan memiliki citra khusus yang berbeda dengan semua shalat malam di bulan- bulan lainnya selama setahun. Waktu malam pada bulan Ramadhan juga memiliki kesan khusus yang berbeda dengan seluruh malam dalam setahun.

Hal tersebut merupakan salah satu dari sekian keistimewaan Ramadhan, kita menjumpai shalat malam begitu mudah dilaksanakan oleh semua orang, hingga kita benar-benar menjumpai sebagian orang yang tidak mengerjakan shalat wajib di luar bulan Ramadhan, mereka mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan.

Jama’ah sekalian, berikut ini kami akan menyampaikan beberapa keutamaan shalat malam yang semoga dengannya kita termotivasi menghidupkan malam-malam kita selama ramadhan ini.

 

  1. Sifat seorang mukmin sejati

Sebagaimana firman Allah Ta’ala:

إِنَّمَايُؤْمِنُبِآيَاتِنَاالَّذِينَإِذَاذُكِّرُوابِهَاخَرُّواسُجَّدًاوَسَبَّحُوابِحَمْدِرَبِّهِمْوَهُمْلَايَسْتَكْبِرُونَ. تَتَجَافَىجُنُوبُهُمْعَنِالْمَضَاجِعِيَدْعُونَرَبَّهُمْخَوْفًاوَطَمَعًاوَمِمَّارَزَقْنَاهُمْيُنْفِقُونَ.

“Sesungguhnya, orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami adalah orang-orang yang, apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Rabb-nya, sedang mereka tidak menyombongkan diri. Lambung mereka jauh dari tempat tidur mereka, sedang mereka berdoa kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” [As-Sajadah: 15-16]

 

  1. Dipuji dan dimuliakan Allah Ta’ala, sebagaimana firmanNya:

 

وَالَّذِينَيَبِيتُونَلِرَبِّهِمْسُجَّدًاوَقِيَامًا

“Dan orang-orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka.” [Al-Furqân: 64]

 

  1. Akan dimasukan ke dalam Surga.

Allah Ta’ala berfirman:

 

إِنَّالْمُتَّقِينَفِيجَنَّاتٍوَعُيُونٍ. آخِذِينَمَاآتَاهُمْرَبُّهُمْإِنَّهُمْكَانُواقَبْلَذَلِكَمُحْسِنِينَ. كَانُواقَلِيلًامِنَاللَّيْلِمَايَهْجَعُونَ. وَبِالْأَسْحَارِهُمْيَسْتَغْفِرُونَ.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan pada mata air-mata air, sambil mengambil sesuatu yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya, sebelumnya di dunia, mereka adalah orang-orang yang berbuat baik; Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; Dan pada akhir malam, mereka memohon ampun (kepada Allah).” [Adz-Dzâriyât: 15-18]

 

Dalam hadits Abdullah bin Salam Radhiyallahu Anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

 

يَاأَيُّهَاالنَّاسُ،أَفْشُواالسَّلاَمَ،وَأَطْعِمُواالطَّعَامَ،وَصِلُواالأَرْحَامَ،وَصَلُّواوَالنَّاسُنِيَامٌ،تَدْخُلُواالْجَنَّةَبِسَلاَمٍ.

 

“Wahai sekalian manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah silaturahmi, dan kerjakanlah shalat pada waktu malam ketika manusia sedang tidur. Niscaya, kalian akan dimasukkan ke dalam surga dengan keselamatan.” (HR. Ahmad, dengan sanad yang Hasan).

 

  1. Allah membedakan kedudukan orang-orang yang mengerjakan shalat pada malam hari dan orang-orang yang tidak mengerjakan shalat.

 

أَمَّنْهُوَقَانِتٌآنَاءَاللَّيْلِسَاجِدًاوَقَائِمًايَحْذَرُالْآخِرَةَوَيَرْجُورَحْمَةَرَبِّهِقُلْهَلْيَسْتَوِيالَّذِينَيَعْلَمُونَوَالَّذِينَلَايَعْلَمُونَإِنَّمَايَتَذَكَّرُأُولُوالْأَلْبَابِ.

 

“(Wahai orang musyrik, apakah kamu yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah pada malam hari dengan bersujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya? Katakanlah, ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui?’ Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.” [Az-Zumar: 9]

kata kunci: Sholat malam, sholat malam, sholat malam

Baca Juga>>

Masbuq Berubah Menjadi Imam

Hukum Bacaan “Shadaqallaahu’adzhiim” Setelah Baca Al-Quran

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »