dasar islam

Islam Dibangun Atas lima Dasar

Dec 5 • Hadits • 68 Views • No Comments on Islam Dibangun Atas lima Dasar

 

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله وسلم يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ.

 

Dari Abu Abdirrahman Abdullah bin Umar bin Khattab Rhadiallahu anhuma berkata, Aku mendengar Rasulullah bersabda:  Islam dibangun atas lima Dasar, bersaksi bahwa tidak ada ilah yang haq kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berhaji ke baitullah dan shaum (puasa) ramadhan (HR. Bukhari no.08 dan Muslim No.16)

 [Hadits Arbain An Nawawiyah]

 

Syarah (penjelasan):

Abu Al-Abbas Al-Qurtubi Rahimallahu ta’ala berkata, yakni bahwa lima perkara tersebut merupakan asas(dasar) dien islam dan pokok-pokok yang diatasnya lah Islam dibangun serta dengannya pula ia tagak. Dikhususkannya lima perkara tersebut tanpa menyertakan jihad padahal jihad adalah untuk memenangkan dien dan menghadapi pembangkangan orang-orang kafir, karena lima hal ini adalah fardhu selamanya, sedangkan jihad termasuk fardhu kifayah dan terkadang gugur kewajibannya pada waktu-waktu tertentu.

lihat juga : Perkara yang Termasuk Dosa Besar

Telah disebutkan dalam sebuah riwayat tentang hadits ini, yang mana haji lebih dahulu disebut daripada shaum (puasa)  ini meragukan wallahu a’lam, karena Ibnu Umar tatkala mendengar ada orang yang mengulangi hadits tersebut dengan mendahulukan haji daripada shaum (puasa) beliau  memarahinya dan melarangnya, beliau mendahulukan puasa daripada haji. Lalu berkata, “begitulah aku mendengarnya dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam

Dalam riwayat yang lain dari Ibnu Umar “Islam dibangun diatas lima dasar yaitu engkau beribadah kepada Allah dan mengkufuri sesembahan selain-Nya dan menegakkan Shalat… – dan seterusnya. Dalam riwayat yang lain, bahwa seseorang berkata kepada Abdullah bin Umar “tidaklah anda ikut berjihad?” beliau menjawab “Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

 

إن الإسلام سلام بني على خمس

“Sesungguhnya Islam dibangun atas lima dasar “

 

Disebutkan pula dalam beberapa riwayat menggunakan kata khamsah sebagian lagi menggunakan kata khamsin, keduanya Shahih.

 

Hadits ini merupakan prinsip yang agung sebagai panduan untuk mengenal dinul Islam dan di atasnya lah disandarkan tentang ma’rifah dienul  Islam dan sekaligus telah berkumpul rukun-rukunnya.

[Lihat buku Syarah hadits Arbain An Nawawiyah oleh Ibnu Daqiiqil, Hadits ke empat]

 

demikinlah tulisn singkat tentang dasar islam  tentunya dasar islam sangatlah luas, masih banyak dalil lain tentang dasar islam , namun mudah-mudahan pemaparan diatas dapat memberikan sedikit tentang islam.

Lihat juga: hati yang selamat

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »