cahaya kebenatran

Kebenaran Adalah Cahaya

Nov 11 • Tarbiyah • 1149 Views • 1 Comment on Kebenaran Adalah Cahaya

Oleh : Ustadz Mukran Usman, Lc., M.H.I

(Dosen STIBA Makassar)

Kebenaran adalah cahaya keabadian, cahaya yang telah menerangi hati para Nabi, para Rosul, dan orang-orang sholeh. cahaya tersebut telah membuka mata yang buta, menenangkan jiwa yang goncang. Kebenaran melapangkan hati yang sempit, dan memasukkan jiwa-jiwa kedurjanaan kedalam islam dan iman.

Karenanya cahaya kebenaran itu tak akan pernah redup.  Kebenaran adalah cahaya yang tak akan pernah padam, bahkan cahaya itu akan menerangi seluruh tanah dan bumi Allah.

Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam ibnu Hibban dalam shohihnya :

Sesungguhnya islam itu akan sampai kebumi yang dilalui oleh malam dan siang, Allah tidak akan melewatkan seluruh kota dan pelosok desa, kecuali memasukkan agama ini ke daerah itu, dengan memuliakan orang-orang yang Allah muliakan, dan menghinakan orang-orang yang Allah hinakan”

Tidak diragukan lagi, bahwa kebenaran itu akan menang, kebenaran itu akan kokoh, sehingga bekalilah setiap jiwa dengan cahaya kebenaran. Cahaya Al-Qur’an yang merupakan sumber Abadi. Sumber yang terpelihara dan terjaga yang tak akan pernah menghinakan para pecintanya. Dekatkanlah diri dan orang tua serta karib kerabat anda pada Al-Qur’an. Agar mereka menjadi para pembela Al Qur’an.

Suatu umat akan senantiasa dalam kejayaan dan kemenangan selama mereka berpegang teguh pada kebenaran.

Allah berfirman :

وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبٰطِلُ ۚ إِنَّ الْبٰطِلَ كَانَ زَهُوقًا

 “Dan katakanlah’ yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap”. (QS. Al Isra’ : 81)

Suatu umat akan menjadi umat terbaik selama mereka senantiasa menyeru pada kebenaran. Allah Azza wa Jalla berfirman :

 

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ  بِالْمَعْرُوفِ  وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ  بِاللَّهِ  ۗ    وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم    ۚ  مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ  وَأَكْثَرُهُمُ  الْفٰسِقُونَ

 artinya : ”kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah”. (QS. Ali Imran : 110)

Suatu umat akan mampu melewati masa masa sulit ketika mereka senantiasa berjalan di atas kebenaran

Suatu umat tak akan pernah gentar dan takut selama mereka membentengi mereka dengan kebenaran sebagaimana firman Allah Azza wa Jalla :

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا۟ لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمٰنًا وَقَالُوا۟ حَسْبُنَا اللَّهُ  وَنِعْمَ  الْوَكِيلُ

”(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, ‘sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka’, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, ‘cukuplah Allah menjadi penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung’.” (QS.  Ali Imran : 173)

Untuk seorang muslim bisa istiqomah dalam kebenaran, maka hendaklah dia meniti jalan yang mengantarkannya pada al Haq :

  1. Kembali kepada Allah sembari datang kepada-NYA dengan penuh ketundukan dan ketidak berdayaan. Allah berfirman yang artinya :”Dan kalau kami tidak memperkuat hatimu, niscaya kamu condong sedikit kepada mereka”. (QS. Al Isra’ : 74)
  2. Mentadabburi al Qur’an dan mengamalkan kandungannya. Allah Azza wa Jalla berfirman yang artinya :”Katakanlah,’Ruhul Qudus (jibril) menurunkan Al Qur’an itu dari tuhanmu dengan benar untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. (QS. An-Nahl : 102)
  3. Senantiasa melaksanakan ketaatan kepada-NYA, dan menjauhi segala Larangan-NYA.
  4. Memperbanyak dzikir kepada Allah Azza wa Jalla. (QS. Al Ahzab : 41)
  5. Dekat dengan para ulama Ahlussunah wal Jamaah yang senantiasa beramal diatas pijakan al Qur’an dan Sunnah Nabi. (QS. Ali Imran : 164)

demikianlah pembahasan kebenaran adalah cahaya .

Baca Juga: >>

Sosok Para Pejuang kebenaran

 

Related Posts

One Response to Kebenaran Adalah Cahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »