banyak anak

Keistimewaan Memiliki Banyak Anak

Jan 3 • Anak & Remaja, Keluarga Sakinah • 1667 Views • No Comments on Keistimewaan Memiliki Banyak Anak

Oleh : Ustadz Askaryaman, S.Pd., M.Pd

(Praktisi Anak Dan Remaja)

Ketika Allah memberikan kita nikmat-Nya berupa keturunan yang banyak, maka bersyukurlah kepada Allah, sebab dengan anak yang banyak akan memberikan begitu banyak keistimewaan dan keutamaan. Walaupun begitu banyak syubhat (keraguan) yang menyebutkan tentang bahayanya memiliki anak banyak diantaranya adalah :

  1. Jika memiliki banyak anak itu tidak sejahtera. buktinya begitu banyak orang-orang yang miskin dan tidak mempunyai pekerjaan tetap namun memiliki anak yang banyak, akhirnya anak-anaknya menjadi terlantar, tidak mampu disekolahkan, akhirnya menjadi sampah masyarakat.
  2. memiliki banyak anak semakin banyak pengeluaran, satu anak saja repotnya luar biasa dan biaya untuk membesarkannya apalagi menyekolahkannya demikian tinggi, apalagi kalau banyak anak.
  3. Dianggap tabu jika banyak anak, diejek karena tidak mampu mengatur kehamilan, anaknya bagaikan anak tangga jika dideret, demikian pula aungkapan : anaknya yang satu belum jalan, eehhhh ada lagi adiknya, dll
  4. Menentang program pemerintah “Keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dua anak cukup, laki-laki dan perempuan sama saja”.

Mungkin, masih banyak lagi syubhat yang menyebutkan betapa buruknya memiliki anak banyak.

Namun kalau kita ingin melihat lebih jauh, anak adalah anugrah Allah yang diberikan kepada sebuah keluarga. Betapa banyak keluarga yang menginginkan memiliki anak, namun jangankan banyak, satu aja nggak punya. Adapula yang mencoba untuk menjarangkan kehamilan, namun tetap aja mendapat anak. Olehnya kehadiran anak perlu disyukuri, terutama bila diberikan anak dengan jumlah yang banyak, sebab memiliki begitu banyak keistimewaan, bukan hanya didunia tapi juga diakhirat.

Diantara keistimewaan memilki anak banyak adalah :

  1. Nikmat dari Allah

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS. 18:46)

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang….” (QS.3 :14)2.

  1. Banyak anak banyak rejeki.

Pepatah ini sangatlah benar adanya, sebab masing-masing makhluk yang Allah ciptakan pasti memiliki rejeki masing-masing termasuk anak. Jadi jika memiliki banyak anak dan tiap-tiap anak punya rejeki, maka semakin banyak anak akan semakin banyak rejeki yang diberikan.

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya…” (QS. 11:6)

Bahkan dilarang kita membunuh anak karena takut miskin atau takut anak tidak mendapat rejeki. Justru Allahlah yang mengatur rejeki itu.

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kami lah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.” (QS. 17:31)

“dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; “ (QS. 6:151)

  1. Memperbanyak sumber daya manusia dan kader Islam.

Begitu bangganya orang tua jika memiliki anak yang banyak dan dibina dengan baik, dan menjadi anak-anak yang cerdas dan sholeh. Bukan hanya orang tua itu yang bangga, tapi bangsa dan negara juga akan mendapat generasi terbaik untuk membangun bangsa nya. Demikian ajaran Islam akan tetap lestari sebab dilanjutkan pengamalannya oleh generasi berikutnya yang banyak dan sholeh.

  1. Modal yang sangat berharga untuk orang tua diakhirat.

“Dari Abu Hurairah : Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Apabila manusia itu telah mati maka terputuslah dari semua amalnya kecuali tiga perkara : Shadaqah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, Anak shalih yang mendo’akannya” [Riwayat Muslim dan lain-lain]

Inilah puncak tertinggi dari keutamaan-keutamaan mempunyai anak, yaitu anak yang shalih yang bermanfaat bagi orang tua di dunia dan di akhirat.

  1. Generasi dan keturunan tidak akan punah dengan anak yang banyak.
  2. Meringankan tugas orang tua.

Memang sewaktu kecil saja anak-anak itu agak berat untuk diurus, namun seiring waktu, maka tugas orang tua akan ringan, sebab akan dibantu oleh anak yang tertua demikian seterusnya.

Keistimewaan Mempunyai Anak Yang Banyak

Selain keistimewaan tersebut diatas, juga keutamaan dalam islam demikian tinggi jika mempunyai anak yang banyak, diantaranya adalah :

  1. Diperintahkan untuk mencari calon istri/suami yang subur (tidak mandul) dan penyayang.

Dari Ma’qil bin Yasar al-Muzani radhiallahu ‘anhu dia berkata: Seorang lelaki pernah datang (menemui) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata: Sesungguhnya aku mendapatkan seorang perempuan yang memiliki kecantikan dan (berasal dari) keturunan yang terhormat, akan tetapi dia tidak bisa punya anak (mandul), apakah aku (boleh) menikahinya? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak (boleh)”, kemudian lelaki itu datang (dan bertanya lagi) untuk kedua kalinya, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kembali melarangnya, kemudian lelaki itu datang (dan bertanya lagi) untuk ketiga kalinya, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Nikahilah perempuan yang penyayang dan subur (banyak anak), karena sesungguhnya aku akan membanggakan (banyaknya jumlah kalian) dihadapan umat-umat lain – dalam riwayat lain: para Nabi ‘alaihimussalam (HR. Ahmad, Ibn Hibban, dll)

  1. Rasulullah akan bangga dengan banyaknya ummat beliau nanti dihari kiamat kelak, dikarenakan banyaknya keturunan dari ummat nya.
  2. Banyak harta dan anak merupakan kebahagiaan

Ummu Sulaim, ibu Anas bin Malik, berkata: ““Wahai Rasulullah, ini Anas kecil, anakku, aku membawanya kepadamu agar melayanimu, maka doakan kebaikan untuknya”. Maka beliau berdoa: “Wahai Alloh, perbanyaklah hartanya dan anaknya (dan berkahilah untuknya pada apa yang Engkau berikan kepadanya)”. Anas berkata: “Demi Alloh, sesungguhnya hartaku sangat banyak, dan sesungguhynya anakku dan cucuku hari ini mencapai sekitar seratus. (HR.Muslim, no: 2481; dalam kurung riwayat Al-Bukhori)

  1. Tingginya keutamaan menafkahi anak dan istri

Rasulullah sholallohu ‘alaihi wassallam bersabda: “Satu dinar yang engkau infakkan di jalan Alloh, dan satu dinar yang engkau infakkan pada budak, dan satu dinar yang engkau shodaqohkan kepada seorang miskin, dan satu dinar yang engkau infakkan kepada keluargamu, yang paling besar pahalanya adalah yang telah engkau infakkan kepada keluargamu.” (HR. Muslim, no: 995; dari Abu Huroiroh)

Inilah beberapaketerangan menyangkut tentang keistimewaan banyak anak. Tentunya banyak anak yang dimaksud dibarengi dengan tanggung jawab untuk mendidik dan merawat mereka dengan baik, sebab anak adalah merupakan amanah yang nantinya akan dimintai pertanggung jawaban.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu” (QS at-Tahriim:6).

Semoga bermanfaat

 Baca Juga >>

Pendidikan Akhlak Sejak Dini

Membangun Generasi Qur’ani

Hendak Kau Bawa Kemana Generasiku

Puisi: Nasehat Untuk Generasiku

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »