bulan muharram

Keutamaan Bulan Muharram

Oct 10 • Ibadah • 751 Views • No Comments on Keutamaan Bulan Muharram

Oleh : Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., MA.

(dikutip dari ceramah Singkat  dengan berbagai perubahan)

Bulan Muharram adalah bulan yang mulia. Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan. Karenanya Marilah kita memamfaat kedatangan bulan muharram sesuai yang disyariatkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dan meninggalkan apa yang tidak perlu untuk kita lakukan.

Bulan muharram merupakan bulan untuk beramal shaleh. Dan diantara amalan yang paling sholeh dan dianjurkan dibulan ini yaitu memperbanyak ibadah puasa sunnah dalam hadits Qudsi disebutkan :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram), Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam” (HR. Muslim)

Hadits diatas adalah dalil keutamaan bulan muharram .Karena itu momen muharram dianjurkan untuk banyak melakukan puasa sunnah. Dan lebih khusus berpuasa dihari Asyura tanggal sepuluh Muharram. Dalam hadits riwayat muslim dari Abu Qatadah meriwayatkan ketika nabi ditanya, “Apa ganjaran bagi orang yang berpuasa tanggal sepuluh muharram” beliau menjawab :

  أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله

Artinya : “Saya mengharap kepada Allah agar menghapuskan dosa yang dilakukan satu tahun sebelumnya”  (HR. Muslim -1162-)

Dalam sebuah hadits Rasulullah Secara khusus menyebutkan seandainya beliau hidup tahun depannya beliau tidak hanya berpuasa sepuluh muharram tetapi juga tanggal Sembilan muharram

Hadits Ibnu Abbas  :

حين صام رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء وأمر بصيامه قالوا: يا رسول الله يوم تعظمه اليهود والنصارى فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا كان العام المقبل إن شاء الله صمنا يوم التاسع. قال: فلم يأت العام المقبل حتى توفي رسول الله صلى الله عليه وسلم. وفي رواية : لئن بقيت إلى قابل لأصومنّ التاسع.

Artinya : “Ketika Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam berpuasa hari ‘aasyuraa dan memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa , para sahabat berkata : “Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang sangat diagungkan oleh Yahudi dan Nasrani,”, beliaupun bersabda : “kalau tahun depan, kita akan berpuasa juga pada hari ke Sembilan (dari Muharram) insya Allah”. Akan tetapi Rasulullah telah wafat sebelum datangnya tahun setelahnya.” Dan dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :   ” Andainya diriku masih hidup tahun depan, saya sungguh akan puasa pada hari ke Sembilan (dari bulan Muharram)”.(HR Muslim : 1133)

Keutamaan bulan muharram sebagaimana hadits diatas adalah adanya puasa asyura. Semoga Allah shubhana wa ta ala menutup usia kita tentunya dengan  yang terbaik, Dan semoga kita senantiasa mampu untuk memamfaatkan momen-momen terbaik dalam melakukan kebaikan serta ketaatan kepada Allah. Karena itulah  kemenangan yang hakiki  dunia akhirat yang akan segera mendatangi dan kitapun mendapatkannya.

Demikianlah penjelasan singkat keutamaan bulan muharram

Baca Juga: >>

Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Banyak Amal dibulan Dzulhijjah

Keutamaan Haji dan Umrah

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »