keutamaan silaturrahim

Keutamaan Menjalin Silaturrahim

Feb 8 • Muamalah • 1355 Views • No Comments on Keutamaan Menjalin Silaturrahim

Oleh : Ustadz Ir. Muh. Qasim Saguni, MA

(Dosen STIBA Makassar)

  1. Keutamaan yang pertama

disebutkan oleh Nabi Shallallahu’alaihi wasallam, dalam hadits riwayat Imam Bukhari

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan ingin dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia selalu menjalin hubungan silaturahim”.,

Hal yang paling utamadalam menjalin silaturrahim adalah berziarah, yaitu bertemu dengan saudara seiman.

Sebagaimana haditsriwayat Muslim,Abu Hurairah menyebutkan bahwa ada seorang laki-laki yang mendatangi suatudesa yang berjauhan dari desanya lalu kemudian Allah Subhanahu wata’ala mengutus seorang malaikat mencegat orang itu.Malaikat tersebut berkata“Mau kemana kamu?”. Dia menjawab, “Saya mau berziarah ke saudara saya dibalik dusun sana”.Malaikat pun bertanya, “Apakah ada nikmat yang kamu akan dapatkan dengan kamu berziarah disana?” Dia katakan, “Tidak, saya semata-mata berziarah karena saya cinta dia karena Allah”.

Maka apa kata malaikat itu, “Saya ini malaikat, saya ini diutus oleh Allah Subhanahu wata’ala untuk menyampaikan kabar gembira kepadamu, bahwa Allah Subhanahu wata’ala telah mencintai kamu, sebagaimana kamu mencintai saudaramu karena Allah Subhanahu wata’ala”.

Jenis-jenis siraturrahim yang lain

Ada beberapa cara dalam berziarahmisalnyaKita mengirim tulisan. Sekarang ini, teknologi komunikasi informasi sedemikian canggih.Ada yang disebut dengan facebook, ada SMS, ada twitter dan lainnya. Maka mari kita manfaatkan media-media jejaring sosial  untuk mengirim salam, bertanya kabar ataupun mengirim do’a.

Itu adalah bahagian daripada silaturahmi. Kita mempunyai kerabat yang tinggal di daerah sana, sedapat mungkin kita  memberikannya atau mengirimkan hadiah untuknya,.

تَهَادَوْا تَحَابُّوا

Hendaklah kalian saling member hadiah, maka kalian saling mencintai”. (HR. Bukhari)

Kalau kita tidak mampu memberi hadiah, minimal kita katakan“titip salam saya kepada si A, si fulan di sana”

Orang yang selalu menyambung hubungan silaturahim akan diluakan rezekinya. Lalu apa perumpamaan, bagi orang yang selalu menyambung hubungan silaturahim hingga diluas rezekinya,? Ketahuilah sebab pintu-pintu rezeki itu dari manusia. Saat kita selalu berbuat baik pada seseorang, itulah pintu-pintu rezeki. Allah tidak menurunkan rezeki ibarat menjatuhkan emas dari langit. Tapi rezeki yang Allah turunkan terkadang lewat orang-orang yang dekat, orang-orang yang ada hubungan silaturahim dengan kita.

  1. Kemudian keutamaannya yang kedua

Keutamaan silaturrahim yang lainnya adalah dipanjangkan umurnya.Para Ulama membahas apa yang dimaksud dengan makna dipanjangkan umurnya.Makna yang pertama yaitu makna kinayahadalah taufik dari Allah Subhanahu wata’ala. Sehingga walaupun umurnya tidak panjang dan mungkin hanya 40 tahun atau  mungkin hanya 30 tahun tapi umurnya itu berberkah, sekalipun dia sudah wafat seolah-olah orang itu,umurnya masih panjang.Bahkan setiap orang yang berbicara tentang kebaikan, setiap orang yang bicara tentang satu hal yang baik, namanya  selalu saja diingat.

Kemudian yang kedua adalah makna haqiqi, makna haqiqi artinya umurnya benar-benar dipanjangkan oleh Allah Subhanahu wata’ala.Sebab dia selalu menyambung hubungan silaturahim.

jika kalau silaturahmi kita baik, entah itu dengan kerabat, dengan nasab atau hubungan sesama muslim.Maka InsyaaAllah urusan-urusan kita menjadi mudah. Ketika kita berkeinginan mengurus administrasi (misalnya)maka disana ada kenalan kita, kita mau mengurus surat ini, disana ada saudara kita.Ketika Kita mau mengurus undangan disana ada saudara kita, sehingga urusan-urusan kita menjadi lebih mudah.Bukan hanya kita mendapatkan diskon tapi terkadang kita juga mendapatkan sesuatu yang gratis. Itulah faedah dan manfaat hubungan silaturahim. Adapunorang yang hubungan silaturahimya sempit, dia menjadi orang yang tertutup, menjadi menara gading di rumahnya, tak ada hubungannya dengan tetangga, tidak ada hubungannya dengan kerabat-kerabat yang lain. inilah orang yang paling sulit hidupnya, di dunia apalagi akhirat.

Semoga Allah Subhanahu wata’ala senantiasa mencurahkan kemampuan dan kesadaran kepada kita untuk selalu menjalin hubungan silaturahim

kata kunci : menjalin silaturrahim menjalin silaturrahim

 

Baca Juga >>

Bahaya Memutus Silaturrahim

Tujuh Ungkapan untuk keharmonisan Rumah Tangga

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »