melihat malaikat

Kisah Pertemuan Malaikat dan Manusia

Jun 29 • Aqidah, Muamalah • 57 Views • No Comments on Kisah Pertemuan Malaikat dan Manusia

Berbeda dengan manusia, malaikat adalah makhluk Allah Shubhana Wa Ta’ala yang diciptakan dari cahaya (Nur), sedangkan manusia diciptakan dari tanah kering seperti tembikar (yaitu  tanah yang dibuat perhiasan dan sudah dikeringkan, contohnya guci & dupa). Adapun Jin diciptakan dari nyala Api. Allah memberikan mereka tugas-tugas dan mereka pun melaksanakannya. Manusia tak mampu melihat malaikat akan tetapi di zaman para Nabi & Rasul malaikat pernah menemui manusia dan melihat malaikat tersebut dalam bentuk manusia, Hal ini diabadikan dalam Qur’an dan Hadits:

 (1) Malaikat datang bertamu di Rumah Nabi Ibrahim.

Hal ini diabadikan dalam Al Qur’an Surah Hud ayat 69-75 dan Adz-Dzariyat ayat 24-30.

Seperti dalam Al Qur’an Surah Hud, adalah momen ketika Nabi Ibrahim kedatangan tamu, ternyata tamu tersebut adalah malaikat yang menyamar jadi manusia, kisahnya :

“Dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada lbrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: “Selamat”. Ibrahim menjawab: “Selamatlah,” maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang.

Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang aneh perbuatan mereka, dan merasa takut kepada mereka. Malaikat itu berkata: “Jangan kamu takut, sesungguhnya kami adalah (malaikat-ma]aikat) yang diutus kepada kaum Luth”.

Dan isterinya berdiri (dibalik tirai) lalu dia tersenyum, maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) Ishak dan dari Ishak (akan lahir puteranya) Ya’qub.

Isterinya berkata: “Sungguh mengherankan, apakah aku akan melahirkan anak padahal aku adalah seorang perempuan tua, dan ini suamikupun dalam keadaan yang sudah tua pula?. Sesungguhnya ini benar-benar suatu yang sangat aneh”.

Para malaikat itu berkata: “Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah”.

Maka tatkala rasa takut hilang dari Ibrahim dan berita gembira telah datang kepadanya, diapun bersoal jawab dengan (malaikat-malaikat) Kami tentang kaum Luth.

Sesungguhnya Ibrahim itu benar-benar seorang yang penyantun lagi penghiba dan suka kembali kepada Allah. “ (QS. Surah Hud [11]: 69-75)

(2) Malaikat Jibril Mendatangi Nabi Muhammad Shalallhu ‘Alaihi Wa sallam & disaksikan oleh banyak Orang

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits jibril berikut:

“Dari ‘Umar radhiallahu ‘anhu juga, telah berkata : Ketika kami duduk dekat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada suatu hari maka dengan tiba-tiba datang kepada kami seorang laki-laki yang memakai pakaian yang sangat putih berambut sangat hitam, tidak tampak padanya tanda-tanda perjalanan dan tak ada seorang pun diantara kami yang mengenalnya, hingga dia duduk dihadapan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, lalu merapatkan lututnya ke lutut beliau dan meletakkan kedua tapak tangannya di atas paha (Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam), seraya bertanya : Wahai Muhammad, beritahukanlah padaku tentang Islam! Maka Rasulullah menjawab : “Islam adalah keharusan bagi engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah dan Muhammad itu utusan-Nya, engkau mendirikan shalat, engkau mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengerjakan haji ke Baitullah bila engkau mampu”. Dia berkata : Engkau benar. Maka kami heran, dia yang bertanya dan dia pula yang membenarkannya. Lalu dia bertanya lagi : Beritahukanlah padaku tentang Iman! Jawab Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Hendaknya engkau beriman kepada Allah, kepada Malaikat-Nya, kepada kitab-kitab-Nya, kepada rasul-rasul-Nya, kepada Hari Kiamat, dan hendaklah engkau beriman kepada Qadar yang baik dan yang buruk “. Orang itu berkata : Engkau benar.

Dia bertanya lagi : Beritahukanlah kepadaku tentang Ihsan! Jawab Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Hendaknya engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, jika engkau tidak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu”. Dia bertanya lagi : Beritahukanlah aku tentang (kapan) Hari Kiamat! Jawab Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Orang yang ditanya tentang itu tidak lebih tahu dari sipenanya itu sendiri”.

Dia bertanya lagi : Beritahukanlah aku tentang tanda-tanda-nya! Jawab Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam : “(Diantaranya) jika seorang hamba (sahaya) telah melahirkan tuannya (majikannya), dan jika engkau melihat orang yang tak beralas kaki, tidak berpakaian, miskin dan penggembala kambing saling berlomba untuk membangun gedung yang tinggi”.

Kemudian orang tadi pergi, lalu saya diam dalam waktu yang lama. Kemudian Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Wahai ‘Umar, tahukah engkau siapa penanya tadi ?”. Jawabku : Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui, Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya dia adalah Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajarkan agama kalian”.(Diriwayatkan oleh Imam Muslim)

Demikianlah beberapa kisah tentang malaikat yang mendatangi manusia yang mulia yaitu para nabi dan melihat malaika tersebut tentunya bukan dengan bentuk aslinya.  Masih banyak kisah-kisah yang lainnya tentang . Wallahu ‘alam

Baca Juga : Penunggang Kuda Berjubah Putih

  Bisakah Kita Hidup di Planet Mars

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »