Masa Nifas Telah Lewat 40 Hari Namun Masih Keluar Darah: Apakah Wajib Puasa dan Shalat ?

Jun 19 • Ibadah • 1029 Views • 3 Comments on Masa Nifas Telah Lewat 40 Hari Namun Masih Keluar Darah: Apakah Wajib Puasa dan Shalat ?

 Oleh : Ustad Maulana La Eda, Lc., MA Hafizhahullah
(Alumni S2 Jurusan Ilmu Hadis, Universitas Islam Madinah)

PERTANYAAN
Bismillah
Ustadz ana ingin bertanya.
Ana telah melewati masa nifas 40 hari, tetapi masih ada darah yang keluar.
Bagaimana hukum puasa dan shalat bagi ana, apakah tetap berpuasa dan shalat? Jika tdk, apakah wajib diqadha’ atau membayar fidyah?
Fulanah#BII12#

📌JAWABAN📌
Bismillah…
Perlu diketahui bahwasanya menurut pendapat yang benar: maksimal batas waktu nifas adalah empat puluh hari. Artinya, jika seorang wanita suci dari darah nifas sebelum tiba masa 40 hari dari hari melahirkan maka ia sudah diwajibkan shalat, dan puasa. Adapun bila lewat dari 40 hari, meskipun ia masih melihat adanya darah yang keluar, maka ia tetap terhitung sebagai wanita yang telah suci, dan darah tersebut dianggap sebagai darah istihadhah  / darah penyakit = dan ia wajib untuk puasa dan mengerjakan shalat. Dalam hadis, Ummu Salamah radhiyallahu’anhu mengisahkan:

كانت النفساء تجلس على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم أربعين يوما
Artinya: “Dahulu pada zaman Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, wanita-wanita yang nifas duduk (dalam keadaan tidak suci) selama 40 hari.” (HR Abu Daud: 311, dan Tirmidzi: 139).

🌱 Meskipun hadis ini, masih diperselisihkan keshahihannya, namun para sahabat Nabi shallallahu’alaihi wasallam dan para tabiin setelah mereka sepakat bahwa masa nifas hanyalah 40 hari. Imam Tirmidzi rahimahullah berkata: “Para ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu’alaihi wasallam, para tabiin dan ulama setelah mereka telah ijmak bahwa wanita nifas meninggalkan shalat selama 40 hari saja, kecuali bila ia melihat telah suci sebelum masa itu, maka ia hendaknya mandi (wajib) dan mengerjakan shalat. Apabila ia melihat darah setelah masa 40 hari, maka kebanyakan ulama berpendapat: wajib mengerjakan shalat setelah masa 40 hari tersebut, dan ini merupakan pendapat kebanyakan ahli fiqh, termasuk Sufyan Ats-Tsauri, Ibnul-Mubarak, Asy-Syafi’i, Ahmad dan Ishaq (Ibnu Rahuwiyah). Diriwayatkan dari Al-Hasan (Al-Bashri) bahwa ia berpendapat: wanita nifas meninggalkan shalat selama 50 hari bila belum suci sebelum itu. Juga diriwayatkan dari Atha’ bin Abi Rabah dan Asy-Sya’bi bahwa masa wanita nifas adalah 60 hari.” (Jami’ Tirmidzi: 1/259)

🌱 Imam Abu Ja’far Ath-Thahawi rahimahullah bahkan menegaskan: “Tidak ada seorang sahabat pun yang berpendapat (bahwa masa nifas) dengan 60 hari, akan tetapi ia merupakan pendapat ulama setelah masa mereka.” (Dinukil Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Syarh Umdatil-Fiqh: hal.518).
 
Oleh karena itu, Anda yang masih melihat darah setelah masa 40 hari dari hari melahirkan, tetap wajib untuk puasa, dan mengerjakan shalat. Jika sebelum ini, Anda tidak puasa karena belum tahu hukumnya, padahal masa 40 hari telah lewat, maka puasa tersebut Anda qadha di hari-hari lain setelah Ramadhan, Wallaahu a’lam.

 

Sumber :

🍀 Grup WA Belajar Islam Intensif 🍀

🌏 Head Admin Syahrullah Hamid

Gabung Grup BII
Ketik BII#Nama#L/P#Daerah
Kirim via WhatsApp ke:
📱 +628113940090

👍Like FP Belajar Islam Intensif
👍Follow instagram belajar.islam.intensif
🌐 www.belajarislamintensif.com

🍀Belajar Islam Intensif🍀

 

Baca Juga >>

Melihat Aurat Istri Disiang Hari Ramadhan

Persiapan Menghadapi Ramadhan

Hukum Bersiwak Disiang Ramadhan: Dari Sudut Pandang Ulama Salaf

Related Posts

3 Responses to Masa Nifas Telah Lewat 40 Hari Namun Masih Keluar Darah: Apakah Wajib Puasa dan Shalat ?

  1. yuverinda says:

    Assalamulaikum…
    Saya mau tanya..saya td pagi telah mandi wajib setelah lewat 40hri melahirkan,dan saya telah melaksanakan sholat dzuhur,pas mau ambil wudhu sholat azhar saya melihat ada darah sedikit siclna…
    Pertanyaan saya,apa saya masih dalam kedaan suci ttap melaksanakan sholat tau tidak??

    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »