Masuk Surga Tanpa Azab

May 24 • Ibadah • 158 Views • No Comments on Masuk Surga Tanpa Azab

Oleh : Abu Ukkasyah Muhammad Ode Wahyu al-Munawy

 

Surga, semua kita pasti ingin memasukinya. Terlebih lagi jika kebolehan memasukinya tanpa harus merasakan siksa  dan azab terlebih dahulu. Sungguh itu adalah nikmat yang sangat besar.

 

Maha suci Allah yang telah menjadikan kita sebagai umat nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Nabi penutup risalah dan nubuwah, dengan syariat sempurna yang lebih baik dari syariat nabi-nabi sebelumnya.

 

Diantara kebaikan syariat nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah adanya amalan-amalan kecil yang dapat dilakukan oleh siapa saja dengan balasan pahala yang sangat besar, bahkan dengan imbalan surga. Salah satunya, masuk surga tanpa azab.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أيها الناس أفشوا السلام وأطعموا الطعام وصلوا والناس نيام تدخلوا الجنة بسلام

“Wahai sekalian manusia, tebarkanlah salam, berilah makan dan shalatlah ketika manusia sedang tertidur lelap, niscaya kalian akan masuk dalam surga dengan selamat”. (HR. Tirmidzi No. 2485)

Ketiga amalan yang disebut dalam hadits ini adalah amalan yang dapat menjadikan seseorang masuk ke dalam surga tanpa harus di azab di neraka terlebih dahulu (semoga kita dikaruniai kemampuan untuk dapat melakukannya). Ketiga amalan itu yaitu, menyebarkan salam, memberi makan dan shalat di malam hari ketika manusia terlelap dalam tidurnya. Dalam riwayat yang lain disebutkan ada empat amalan, yaitu 3 yang disebutkan dalam hadits ini ditambah dengan amalan menyambung hubungan silaturahmi.

 

Kata nabi  Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Kalian akan masuk dengan selamat”, maksudnya adalah masuk surga dengan selamat tanpa harus merasakan azab terlebih dahulu.

 

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata:

و ( تدخلوا الجنة بسلام ) ظاهره أنه بلا عقاب ولا عذاب لأن من عذب لم يسلم .

فهذه الأمور الثلاثة في هذا الحديث من أسباب دخول الجنة بسلام , نسأل الله تعالى أن يعينني وإياكم عليها , وأن يجعلنا ممن يدخلون الجنة بسلام , إنه على كل شيء قدير .

 

“Dan sabda nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam ‘kalian masuk surga dengan selamat’ secara zahir maksudnya yaitu memasuki surga tanpa merasakan hukuman dan azab terlebih dahulu. Sebab siapa yang diazab berarti ia tidak selamat. 3 amalan yang terdapat di dalam hadits ini merupakan amalan penyebab seseorang dapat masuk surga dengan selamat. Kita memohon kepada Allah agar diberi inayah untuk dapat melaksanakannya, dan semoga kita semua bisa memasukinya  dengan selamat. Sesungguhnya Dialah yang Maha Kuasa terhadap segala seuatu”. (Syarh Riyadh al-Shalihin: 3/287).

 

Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Bassam rahimahullah berkata, “Masuk surga dengan selamat, maksudnya memasukinya tanpa didahului oleh siksa dan azab sebelum memasukinya”. (Taudhih al-Ahkam min Bulugh al-Maram: 3/644)

 

Imam al-Hafizh Zain al-Din Abdul Rauf al-Munawy rahimahullah berkata:

 

أي فإنكم إذا فعلتم ذلك ومتم عليه دخلتم الجنة آمنين لا خوف عليكم ولا أنتم تحزنون

 

“Maksudnya adalah jika kalian melakukannya lalu meninggal dunia dalam keadaan mengamalkannya, niscaya kalian akan masuk ke dalam surga dalam keadaan aman tanpa ada rasa takut dan juga bersedih hati”.  (al-Taisir Bisyarh al-Jami’ al-Shaghir: 1/336)

 

Perkataan demikian juga disebutkan oleh syaikh Abu al-‘Ala al-Mubarakfury rahimahullah dalam Tuhfatu al-Ahwadzy. (Lihat Tuhfatu al-Ahwadzy: 5/69)

 

Semoga kita dimudahkan Allah untuk melakukan 3 amalan ini sehingga bisa masuk surga tanpa azab.

 

Jangan lupakan nama kami dalam baiknya doa-doa kalian, jika dirasa artikel ini telah memberi faidah dan manfaat kepada kalian.

Saudaramu, Abu Ukkasyah Muhammad Ode Wahyu al-Munawy

Baca Juga : Modal Masuk Surga

                  Pemuda Yang Dijanjikan Surga

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »