Mengapa Allah Memerintahkan Iblis Sujud Pada Adam Padahal IA Tahu Iblis Akan Menolaknya

May 26 • Aqidah • 878 Views • No Comments on Mengapa Allah Memerintahkan Iblis Sujud Pada Adam Padahal IA Tahu Iblis Akan Menolaknya

Oleh : Ustadz Abu Ukkasyah Wahyu al-Munawy

Ketika seseorang jauh dari al-Qur’an, tidak membacanya, tidak mengamalkannya, tidak mentadabburinya apalagi menghafalkannya, maka akan sulit baginya memahami al-Qur’an itu.

Sudah menjadi tabiat orang-orang jahil zaman dahulu membuat alasan nyeleneh untuk menyelamatkan keyakinan kufur mereka. Tatkala kesyirikan mereka lakukan, mereka berkata: “Jika seandainya Allah berkehendak, niscaya kami dan nenek moyang kami tidak akan melakukan kesyirikan dan tidak akan mengharamkan sesuatu apapun”.

Namun Allah justru mengingkari pernyataan mereka itu, Dia berfirman:

كَذَٰلِكَ كَذَّبَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ حَتَّىٰ ذَاقُوا بَأْسَنَا ۗ قُلْ هَلْ عِندَكُم مِّنْ عِلْمٍ فَتُخْرِجُوهُ لَنَا ۖ إِن تَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَإِنْ أَنتُمْ إِلَّا تَخْرُصُونَ

Demikian pulalah orang-orang sebelum mereka telah mendustakan (para rasul) sampai mereka merasakan siksaan Kami. Katakanlah: “Adakah kamu mempunyai sesuatu pengetahuan sehingga dapat kamu mengemukakannya kepada Kami?” Kamu tidak mengikuti kecuali persangkaan belaka, dan kamu tidak lain hanyalah berdusta.” (QS. Al-An’am: 148)

Ayat-ayat seperti ini banyak di dalam al-Qur’an, yang menunjukkan bahwa Allah menolak hujjah orang-orang yang mengatakan bahwa semua kehendak hanyalah milik Allah, sebab Allah juga memberikan kehendak pada makhluk-makhluk-Nya untuk memilih jalannya sendiri.

Beranjak akan hal ini, jika kita bertanya mengapa Allah menyuruh Iblis untuk sujud pada Adam padahal Allah tahu bahwa iblis akan menolaknya, maka jawabannya adalah karena Allah ingin membiarkan iblis mengambil jalan kehendaknya sendiri dan Allah tidak memaksanya. Sebab Allah memberikan pahala atau hukuman kepada para makhluk-Nya setelah para  makhluk itu melakukan suatu perbuatan berdasarkan keinginan mereka sendiri, bukan paksaan dan bukan dalam keadaan tidak sadar.

Karena itu, Allah tidak menghukum seorang yang dipaksa melakukan kekufuran sementara hatinya tenang dengan iman, Allah tidak menghukum orang gila yang menyembah patung, hingga dia sembuh dari gilanya dan Allah juga tidak menghukum anak kecil yang belum baligh. Alasan dari itu semua karena Allah itu Maha Adil.

Wallahu a’lam bishshowab.

Makkah, 27 sya’ban 1437 H

kata kunci : Iblis Diperintahkan Bersujud Iblis Diperintahkan Bersujud Iblis Diperintahkan Bersujud

Baca Juga >>>

Hikmah Penciptaan Jin, Setan dan Iblis

Cinta Dunia Bisa Menjadi Penyebab Batalnya Keislaman

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »