hari jum'at

Meraih Keutamaan hari jum’at

Oct 28 • Ibadah • 809 Views • 1 Comment on Meraih Keutamaan hari jum’at

Oleh: Ustadz Mukran Usman, Lc., M.H.I

(Dosen STIBA Makassar)

 

Menjadi seorang muslim adalah satu kemuliaan. betapa tidak, sampai pada perkara hari pun dimana manusia banyak tidak mengetahuinya, Allah Ta’ala memberikan keistimewaan kepada umat islam dibandingkan umat sebelumnya(yahudi dan nasrani). Dalam sebuah hadits yang di riwayatkan Imam Muslim , dari sahabat Abu Hurairah, dimana Rasulullah bersabda :

“ أضل الله عن الجمعة من كان قبلنا فكان لليهود يوم السبت وكان للنصاري يوم الاحد فجاء الله بنا فهدانا الله ليوم الجمعة “

Artinya : “Allah menyimpangkan kaum sebelum kita dari hari jum’at. Maka untuk kaum yahudi adalah hari sabtu, sedangkan untuk orang – orang nasrani adalah hari ahad. Lalu Allah menunjukkan kita dan membawa kita kepada hari Jum’at.

Hari jum’at yang setiap pekannya menjenguk kita, ibarat tamu yang tidak pernah bosan untuk bertamu. Maka seharusnya kita memeberikan perhatian yang khusus  untuk hari tersebut. Apa lagi, hari jum’at banyak menyimpan peristiwa – peristiwa yang begitu luar biasa. Ada satu hadits yang menghimpun beberapa peristiwa bersejarah yang telah terjadi dan yang akan terjadi pada hari jum’at. Diantaranya hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Muslim dari sahabat Abu Hurairah Radiyallahu Anhu , adalah Rasulullah pernah bersabda :

” خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة ”

Artinya : “ Sebaik – baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari jum’at. Pada hari ini Adam di ciptakan, pada hari ini Adam dimasukkan ke dalam syurga, pada hari ini Adam di keluarkan dari syurga. Dan tidak akan terjadi Kiamat kecuali dihari Jum’at”.

Selain itu ada juga beberapa peristiwa besar yang terjadi dihari jum’at. Dihari jum’at, juga menyimpan keutamaan berupa pahala ( pahala jum’at ) yang besar. Dan Allah telah siapkan khusus dihari Jum’at. Yaitu:

  1. Didalamnya ada sholat Jum’at yang merupakan sholat yang paling Afdhal , Allah Ta’ala berfirman Yang Artinya : “ Hai orang – orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”. ( Al Jumu’ah : 9)

Demikian pula dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah Radiyallahu anhu tentang Sholat Jum’at : ” الصلاة الخمس, والجمعة إلى الجمعة كفارة لما بينهن ما لم تفش الكبائر ”  . Artinya : “Sholat wajib yang lima, dari Sholat jum’at ke sholat jum’at berikutnya akan menjadi penghapus dosa – dosa Selama tidak melakukan dosa besar “.

  1. Sholat subuh yang dilaksanakan pada hari jum’at secara berjamaah adalah sholat yang paling afdhal yang dikerjakan seorang muslim dalam sepekan. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dari Sahabat Ibnu Umar Radiyallahu Anhu, Rasulullah bersabda : ” أفضل الصلوات عند الله صلاة الصبح يوم الجمعة في جماعة “ , Artinya : “ Sholat Wajib Yang paling Afdhal adalah sholat subuh pada hari Jum’at “ .
  2. Orang yang meninggal pada hari jum’at atau pada malam jum’at, maka dia akan diselamatkan dari fitnah kubur. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dari Abdullah ibnu Amru, Rasulullah bersabda : ” ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة إلا وقاه الله فتنة القبر “

Artinya : “ Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari jum’at atau pada malam jum’at, melainkan Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur”.  Demikianlah pembahasan terkait beberapa pahala jum’at .

 

Semoga kita mendapatkan pahala jum’at

 

>Baca Juga :

Generasi Terbaik dan generasi Terburuk

 

Related Posts

One Response to Meraih Keutamaan hari jum’at

  1. Terimakasih informasinya….
    semoga sukses selalu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »