rambu-rambu

Rambu-Rambu Ukhuwah

Dec 16 • Muamalah • 772 Views • No Comments on Rambu-Rambu Ukhuwah

Oleh: Ustadz Askaryaman, S.Pd., M.Pd

(Praktisi Anak dan Remaja)

Salah satu diantara keutamaan ajaran Islam adalah kita diperintahkan bersaudara, bersatu dan memupuk kebersamaan karena Allah. Didalam Al-Qur’an Allah berfirman :

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.”(QS.49:10).

Ayat diatas secara tegas menyatakan bahwa salah satu ciri dari orang beriman adalah bersaudara. Semangat persaudaraan itu bukan hanya dia tanamkan pada dirinya saja dan kepada orang lain, namun dia juga inginkan semangat itu ada pada lingkungannya. Sehingga tatkala ia melihat saudara seimannya bertikai, maka ia datang sabagai penengah(muslih) atau pendamai diantara keduanya. Orang beriman senantiasa memupuk persaudaraan

Demikian pula dalam sebuah riwayat disebutkan “tidaklah beriman salah seorang diatara kalian, sehingga ia mencintai saudara nya sebagaimana kalian mencintai diri kalaian sendiri”. (alHadits). Juga dalam Riwayat yang lain juga disebutkan “…..seorang muslim saudara bagi muslim yang lain…” (AlHadits)

Jadi secara tegas disebutkan bahwa seorang yang mengaku diri beriman kepada Allah, senantiasa memupuk semangat ukhuwah dan persaudaraan diantara sesama kaum muslimin. Unsur yang paling kuat untuk mengikat persaudaraan itu adalah dengan jalan silaturrahim. Dimana dengan silaturrahim dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Inilah akan memudahkan seorang mukmin untuk mendapatkan kebaikan didunia dan akan melapangkan jalannya untuk masuk kedalam syurga dengan selamat. sebagaimana dalam riwayat disebutkan “Wahai manusia sebarkanlah salam, berilah makan orang yang tidak mampu, sambunglah hubungan silaturrahim, sholatlah dimalam hari dimana manusia tertidur, maka pasti kalian akan masuk surga dengan selamat” (Al Hadits).

Begitulah kehebatan silaturrahim dan menjaga hubungan baik dengan orang lain, surga akan mudah bagi mereka. Bukan hanya itu saja, didunia, orang-orang yang senantiasa menjaga silaturrahim akan memiliki kemudahan dan keutamaan. Dalam salah satu riwayat juga disebutkan “barang siapa yang ingin dimudahkan rejekinya, dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturrahim” (AlHadits).

Subhanallah, luar biasa orang-orang yang menjaga hubungan baik dengan orang lain, bukan hanya ia akan dimudahkan rejekinya, juga dipanjangkan umurnya, bahkan surga akan pula dimudahkan untuknya.

Mudah-mudahan kita senantiasa memupuk persaudaraan

Baca Juga >>

Memilih Teman Bergaul

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »