shalat gerhana

Shalat Gerhana

Feb 5 • Ibadah • 109 Views • No Comments on Shalat Gerhana

Pengertian

Gerhana adalah hilangnya sinar matahari atau Cahaya Bulan atau sebagian Sinar atau cahaya dari keduanya

 Hukum dan waktu shalat gerhana

Salat gerhana merupakan salat sunnah yang dianjurkan sekali,  bagi baik bagi kaum laki-laki maupun bagi kaum wanita dan Rasulullah Shallallahu salam memerintahkan melalui sabdanya,

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ لا يخفان لموت أحد ولالحياته فإذا رأيتم ذالك فصلوا

Artinya : “Matahari dan bulan adalah dua benda dari tanda-tanda kekuasaan Allah, di mana keduanya tidak akan terjadi gerhana karena kematian atau kelahiran seseorang.  Jika kamu melihat kejadian itu, maka sholatlah” (Diriwayat oleh Bukhari no. 1044)

Adapun cara menunaikan sholat gerhana seperti sholat dua hari raya (tidak termasuk memperbanyak takbiratul ihram) dan waktunya dimulai dari semenjak terjadinya gerhana pada salah satu dari keduanya, matahari dan bulan sehingga keadaan terang kembali. Jika gerhana itu terjadi pada sore hari di mana ketika itu menunaikan salat sunnah sangat dimakruhkan, maka hendaklah mengganti sholat dengan dzikir , istighfar, berserah diri dan doa.

[Lihat Pula : Manusia Sebagai Makhluk Lemah]

Hal-hal yang disunnahkan saat terjadi gerhana

Ketika terjadi gerhana, maka disunnahkan memperbanyak dzikir, takbir, istighfar, doa, sedekah, memerdekakan hamba sahaya (budak) berbuat baik dan silaturahim. Berdasarkan Sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ لا يخفان لموت أحد ولالحياته فإذا رأيتم ذالك فادعوا الله وكبروا تصد قوا و صلوا

artinya : “Matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah, dimana keduanya tidak akan terjadi gerhana karena kematian atau kelahiran seseorang. Jika kamu melihat kejadian itu, maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, bersedekahlah dan shalatlah (diriwayatkan oleh Bukhari no. 1044)

Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang senantiasa memamfaatkan waktu. Dan menghindari mitos-mitos yang tidak seharusnya. Sholat gerhana adalah sunnah yang banyak diabaikan oleh kaum muslimin.

[Lihat pula: Syarat Sahnya Sholat]

Tata cara pelaksanaan sholat gerhana

Adapun tata cara pelaksanaan shalat gerhana : hendaklah orang-orang menunaikan shalat gerhana secara berjama’ah di Masjid tanpa adzan dan iqomah. Tetapi tidak menjadi masalah mengumandangkan seruan dengan kalimat:

 الصلاة جا معة

Selanjutnya mereka shalat gerhana bersama Imam sebanyak dua rakaat, dimana pada tiap-tiap rakaat melakukan dua kali rukuk dan dua kali sujud, dengan memanjangkan bacaan (surat) rukuk dan sujud. Jika gerhana hilang ketika sedang sholat, hendaklah mereka menyempurnakan sholatnya seperti layaknya sholat sudah biasa.

Dalam shalat gerhana tidak ada khotbah, tetapi Imam boleh memberikan nasehat dan peringatan kepada mereka jika berkenan dan dipandang baik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »