ungkapan keharmonisan

Tujuh Ungkapan untuk keharmonisan Rumah Tangga

Dec 30 • Keluarga Sakinah, Muamalah • 1263 Views • No Comments on Tujuh Ungkapan untuk keharmonisan Rumah Tangga

Ustadz Askaryaman, S.Pd., M.Pd

(Praktisi Anak & Remaja)

Diantara karunia Allah yang paling besar bagi manusia adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengungkapkan isi hati dengan berbicara  lewat lisan. Jauh sebelum lambang tulisan digunakan, orang telah menggunakan kemampuan berbicara sebagai alat komunikasi. Bahkan setelah tulisan ditemukan sekalipun, tetap  saja lisan lebih banyak digunakan. Kemampuan berbicara bisa karena bakat, tetapi kepandaian bicara yang baik memerlukan pengetahuan dan latihan.

Dalam berkomunikasi, pastilah ada ungkapan kata-kata yang diucapkan. Dalam kehidupan berumah tangga, komunikasi yang baik antara suami dan istri sangat penting demi keharmonisan rumah tangga. Seni bertutur dan mengeluarkan kata-kata sanagat penting diketahui, dipelajari dan dipraktekkan, sebab dengan yang ungkapan harmonis dan bahasa yang sopan menunjukkan tentang kualitas seseorang. Apalagi kepada pasangan kita, beliaulah yang berhak untuk mendapatkan ungkapan kata terbaik itu.

Ada tujuh ungkapan kata yang terkadang dilupakan oleh pasangan suami istri dalam berkomunikasi. Padahal ketujuh ungkapan ini sangat simpel, mudah dan tidak membutuhkan banyak energi, namun daya pikatnya luar biasa dahsyat, serta daya tarik untuk melanggengkan rumah tangga demikian hebatnya. Ke tujuh ungkapan kata itu adalah :

  1. Panggillah istri/suami anda dengan panggilan kesayangan

Panggilan kesayangan yang dimaksud adalah nama kesayangan yang paling disukai oleh pasangan kita. Misalnya memanggil istri/suami dengan kata “sayang, yang biasa disingkat yang”, atau panggilan yang sangat special yang khusus bagi dia. Cobalah kita melihat Rasulullah dalam memanggil istri beliau ummahatul mukminin, Aisyah radiallahu anha dengan panggilan “ya humairah”. Panggilan-panggilan inilah yang mudah namun sangat romantis ditelinga pasangan.

  1. Selalulah meniupkan ketelinga suami/istri kalimat “aku sayang kamu”

Kalau dibarat mereka sering menyebut “I love you”, kalau sunnah nabi menyebut “uhibbukum fillah”, maka dalam rumah tangga kalimat/kata “istriku, i love you” atau “istriku, uhibbuki fillah”, wahhh inilah kata yang bisa membuat pasangan melayang jika disampaikan kata semacam ini. Marilah selalu menyebutkan kata itu. Jangan mau kalah dengan orang yang pacaran, yang begitu mesra mengungkapkan kata itu padahal nilainya dosa untuk mereka. adapun suami istri harusnya jauh lebih mesra lagi sebab segalanya bernilai pahala.

  1. Minta Tolong

Inilah kata juga yang kadang sering terlupakan dalam komunikasi. Saat suami meminta sesuatu kepada istri, mulailah dengan kata “istriku/sayangku, bisa aba minta tolong ambilkan ….”. Seseorang yang diminta pertolongannya  apa lagi jika dimulai dengan kata-kata minta tolong, akan merasa tersanjung karena keberadaannya sangat dibutuhkan. Coba kalau menggunakan kata “hei, ambilkan …., atau cepat ambilkan …”, maka kesannya semacam memerintah. Mari mulai berkomunikasi  yang baik, serta memberikan kesan yang terbaik, termasuk kata “minta tolong” adalah ungkapan harmonis yang sangat mujarab untuk langgengnya keutuhan rumah tangga.

  1. Terima kasih/syukran/thank you

Setelah kita minta tolong dan apa yang diminta pun dipenuhi, janganlah pelit mengungkapkan kata “terima kasih” apalagi kalau ditambah “terima kasih sayangku”. sungguh fantastis dan luar biasa, bagaimanapun lelahnya seorang istri dalam meladeni suami, maka akan sirna seketika rasa penat tersebut. Karena ungkapan yang sangat sederhana itu. Melihat hidangan makanan diatas meja makan, seorang suami sebelum makan ia mengungkapkan “wah enak benar masakanmu, terima kasih banyak karena sudah melayani…..”, bagaimana tidak istri akan semakin sayang kepada suami macam demikian.

  1. Permisi

Kata permisi juga sangat mengambil andil dalam harmonisnya rumah tangga. Kata permisi dapat digunakan jika kita ingin meninggalkan tempat, atau meminta untuk bergeser atau ungkapan yang semisal. Begitu gembiranya seorang istri jika suami pamit dengan baik kepadanya saat akan keluar rumah dengan mengatakan, “saya permisi dulu ya, mau keluar karena ada keperluan” dll, merasa istri sangat dihargai dengan kata tersebut.

  1. Minta Maaf

Disaat berbuat kesalahan, maka janganlah segan-segan mengatakan kata “minta maaf”. Tidak ada keluarga yang sempurna, terkadang ada saja yang menyebabkan ketersinggungan atau ketidak nyamaman satu dengan yang lain, maka dengan ungkapan “minta maaf”, itu akan mencairkan suasana. Dahuluilah pasangan anda untuk mengungkapkan kata itu, dan jangan menunggu untuk disampaikan kalimat tersebut.

  1. Pakailah akhiran dan awalan kata yang menunjukkan penghormatan, dan setiap daerah pastilah punya etika kata awalan dan akhiran yang berbeda-beda.

Misalkan biasakan dalam bertutur menggunakan kata “ki dan jangan ko” untuk orang makassar/bugis. Misal, “dari manaki = ungkapannya lebih halus, dibandingkan kata “dari manako= ungkapannya kasar”. dll.

Inilah sedikit tips dan trik dalam melanggengkan keharmonisan rumah tangga, kata-kata itu semacam sihir, kadang ungkapannya singkat namun artinya mendalam. tapi kadang juga ungkapannya singkat namun menyakitkan. Olehnya pilihlah kata yang tepat dan bijaksana pada pasangan anda, untuk menambah suasana mesra. Teruslah berlatih dengan kata-kata tersebut, semoga memberikan faedah dan kebaikan bagi keluarga kita. Ya Allah berikanlah keluarga kami sakinah mawaddah warahmah, jangan kasarkan lisan-lisan kami, lembutkanlah ungkapan kata kami dan jadikanlah keluarga kami bahagia didunia dan diakhirat. Amin

Semoga Bermanfaat

Baca Juga >>

Kriteria Memilih Pasangan Hidup

Hikmah dan Keutamaan Pernikahan

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »