Urgensi-tarbiyah

URGENSI TARBIYAH ISLAMIYAH (1)

Oct 18 • Tarbiyah • 6428 Views • 2 Comments on URGENSI TARBIYAH ISLAMIYAH (1)

Oleh: Ustadz Ir. Muh. Qasim Saguni, MA

Tarbiyah Islamiyah adalah suatu metode pembinaan kepribadian Muslim yang bertujuan membentuk lahirnya manusia-manusia Muslim yang ideal.

Untuk melahirkan manusia-manusia yang ideal tersebut, maka kurikulum Tarbiyah Islamiyah harus berpijak pada metode yang memahami Islam yang benar (shahih). Memahami Islam yang bersumber dari Kitab suci Al-Qur’an dan Hadits-hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam yang shahih  sebagaimana yang dipahami, diamalkan dan didakwahkan oleh manusia-manusia terbaik yaitu para shahabat Nabi yang diikuti oleh para Tabi’in dan selanjutnya diturunkan lagi kepada generasi Atbaaut Taabi’in. Ketiga generasi ini (Shahabat, Tabi’in dan Atbaaut Taabi’in) diistilahkan oleh Nabi dengan “khairun naass” (sebaik-baik manusia).

Namun pada hari ini  ketiga generasi ini telah tiada, maka representasi mereka diperankan oleh para Ulama Rabbani. Implementasi amal Islami yang tidak berpijak pada ilmu yang shahih maka amalnya akan ditolak. Selain itu, juga dapat melahirkan dampak buruk pada masyarakat. Maka Inilah diantara unsur asasi yang harus ada dalam program Tarbiyah Islamiyah agar ummat bisa kembali ke pangkuan agamanya.

Tarbiyah Islamiyah yang shahih akan sempurna jika diiringi sifat syamil (integral) bukan parsial (sebagian); yakni Tarbiyah Islamiyah yang yang menanamkan dan meyakinkan pemahaman bahwa Islam adalah Din  yang Syamil, Islam adalah pedoman hidup (minhajul hayah) yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Islam bukan hanya pedoman aqidah dan ibadah, bukan hanya pedoman akhlak tetapi Islam adalah pedoman dalam berfikir, berinteraksi, pendidikan, budaya, berpolitik, berekonomi sampai pengaturan keamanan, berbangsa dan bernegara.

Dalam konteks mengembalikan kemuliaan/kejayaan Islam dan ummat Islam, Tarbiyah Islamiyah yang shahih dan syamil memiliki beberapa urgensi.

 

 Tarbiyah Islamiyah adalah Solusi dari semua problematika ummat

Solusi dari semua problem ummat merupakan urgensi tarbiyah. Ummat islam pada hari ini tidak seperti keadaan ummat islam dahulu. Dimana kejayaan-kejayaan yang dicapai ummat islam terdahulu berbeda dengan saat ini, termasuk sifat atau karasteristik mereka tidak lagi sama dengan kondisi sekarang ini. Maka inilah yang disebut dengan problema,

Akibat problema inilah yang menyebabkan ummat Islam sekarang ini tidak lagi dikatakan sebagi ummat pemimpin, tetapi pada posisi yang dipimpin, dikendalikan oleh musuh-musuh Islam, dikendalikan oleh negara-negara barat. Ini adalah bukti problema.

Setiap muslim yang komitmen dengan agamanya tidak akan membiarkan problema ini berlarut-larut, dia tidak akan membiarkan dirinya tertindas, dia harus bangkit, bangkit kembali meraih kejayaan.

Pertanyaannya: Bagaimana caranya bangkit? Imam Malik Rahimahullah pernah mengatakan:

لاَيَصْلُحُ آخِرُ هَذِهِ اْلأُمَّةِ إِلاَّ بِمَا صَلُحَ بِهِ أَوَّلهُ

 “Generasi akhir ummat ini tidak akan baik kecuali dengan (menempuh metode) yang telah menjadikan baik generasi pendahulunya.”

 

Rahasia utama kejayaan dan kemuliaan umat terdahulu adalah karena mereka berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasululullah Shallallhu alihi wa Sallam

Tarbiyah Islamiyah adalah metode untuk mengembalikan ummat agar berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasululullah Shallallhu alihi wa Sallam.

Dengan demikian Tarbiyah Islamiyah memiliki urgensi dan peranan yang sangat sentral untuk kembalinya kejayaan Islam dan umat Islam. Demikiannlah sekelumit tentang urgensi tarbiyah.

Bersambung….

>> Baca Juga:

Urgensi Tarbiyah Islamiyah (02)

Related Posts

2 Responses to URGENSI TARBIYAH ISLAMIYAH (1)

  1. Abdurrahman Allhasby says:

    Masya Allah……

  2. Tarbiyah Islamiyah sangat urgen untuk terus dilakukan dari masa ke masa lebih-lebih pada zaman kita sekarang ini untuk membina watak masyarakat menjadi lebih baik atau khairul ummah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

« »